Resep Kopi Gula Aren Paling Nikmat

Share for the love!

Resep Kopi Gula Aren Paling Nikmat – Minuman kopi kekinian kini sedang banyak bermunculan di mana-mana. Minuman kopi dengan dengan beragam rasa menjadi teman untuk nongkrong bersama teman-teman. Minuman kopi menjadi menu yang primadona di café-café.

Minuman kopi bisa disajikan dengan tambahan pelengkap lain. Salah satu varian minuman kopi yang sedang disukai masyarakat yaitu kopi gula aren. Kamu bisa membuat sendiri kopi gula aren seperti di coffeeshop. Kalau kamu ingin membuatnya, kami akan bocorkan resep kopi gula aren untuk kamu.

Resep Kopi Gula Aren Paling Mudah

Resep Kopi Gula Aren

Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari masyarakat. Kopi menjadi teman nongkrong bagi semua kalangan. Kopi bisa dimodifikasi menggunakan bahan-bahan lain sehingga kini banyak bermunculan minuman kopi kekinian dengan aneka rasa.

Kopi memiliki banyak jenisnya. Setiap jenis biji kopi memiliki cita rasa tersendiri. Namun, ada 4 jenis biji kopi yang cukup terkenal di dunia jual beli biji kopi yaitu kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika, dan kopi ekselsa.

1. Kopi Arabika

Resep kopi gula aren

Jenis kopi yang pertama kali ditemukan dan dibudidayakan oleh manusia adalah kopi arabika. Kopi arabika berasal dari negara Brazil. Kopi ini menguasai pasar kopi dunia dengan harga yang cukup tinggi dari jenis lainnya. Tanaman kopi arabika memiliki ciri-ciri morfologi sebagai berikut:

  1. Sistem perakaran tanaman kopi arabika lebih dalam.
  2. Memiliki daun yang tipis.
  3. Percabangan tanaman lentur.
  4. Ukuran biji kopi kecil dengan warna hijau tua sampai merah gelap.

Tanaman kopi arabika dapat tumbuh pada ketinggian 700-1700 meter di atas permukaan laut pada suhu 16-20oC. Tanaman ini membutuhkan waktu 9 bulan untuk berbunga dan berbuah. Tanaman kopi ini berbeda dengan resep kopi gula aren karena memiliki kelemahan yaitu rentan terhadap serangan penyakit karat daun.

2. Kopi Robusta

Kopi Robusta

Kopi robusta pertama kali ditemukan pada negara Kongo. Kopi robusta dikenal sebagai kopi murah karena harganya yang jauh lebih murah dari kopi jenis arabika. Kopi robusta tumbuh pada ketinggian 400-700 meter di atas permukaan laut dengan suhu 21-24oC.

Kopi robusta memerlukan waktu untuk proses pembuahan dari buah hingga menjadi buah selama 10-11 bulan. Tidak seperti tanaman kopi arabika, tanaman kopi robusta memiliki ketahanan terhadap serangan penyakit karat.

Namun, kopi jenis robusta ini berbeda dengan resep kopi gula aren memiliki kelemahan yaitu rasanya yang kurang mantap. Kopi ini juga memiliki rasa yang cenderung lebih pahit dari pada kopi arabika.

3. Kopi Liberika

Kopi Liberika

Liberika meruakan jenis kopi yang berasal dari Liberia, Afrika Barat. Kopi ini memiliki ciri morfologi dengan ukuran daun, bunga, cabang, buah, dan pohon yang lebih besar dari kopi arabika dan robusta. Kopi ini memiliki kualitas yang kurang baik.

Kopi jenis ini berbuah sepanjang tahun dan bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah. Namun, kopi liberika rentan terhadap serangan penyakit karat daun. Ardoniana dan Durvei merupakan varietas kopi liberika yang pernah masuk ke Indonesia.

4. Kopi Excelsa

Kopi Excelsa

Kopi jenis ini berasal dari wilayah Afrika Barat, tepatnya di dekat Danau Chad. Kopi Ekselsa mudah untuk dibudidayakan dan lebih tahan terhadap serangan penyakit. Kopi ekselsa bisa tumbuh pada daerah dataran rendah yang basah dan juga area lahan gambut.

Resep kopi ini tidak seperti resep kopi gula aren memiliki harga yang murah dengan kualitas di bawah kopi arabika dan robusta. Namun, kopi ini banyak dibudidayakan oleh petani karena mudah dibudidaya dan tahan terhadap serangan penyakit. Kopi ini mudah dijumpai di beberapa daerah di Indonesia.

Jenis kopi-kopi tersebut bisa diolah menjadi beragam minuman kopi. Salah satu minuman kopi yang sedang naik daun yaitu resep kopi gula aren. Gula aren yang digunakan sebagai pemanis pada minuman kopi ini berasal dari nira pohon enau atau pohon aren.

Buat kamu yang sering nongkrong sambil ngopi bareng teman-teman, ada beberapa kedai kopi terkenal di daerah Jakarta yang menyajikan menu kopi gula aren dengan cita rasa yang mantap, diantaranya:

  • Kopi Fore, kedai kopi ini menyajikan menu iced aren latte dengan rasa yang juara. Perpaduan kopi espresso dan aren sangat lezat dan bisa menghapus rasa kantukmu segera.
  • Kopi Soe, kedai kopi ini juga memiliki cabang di daerah lain. Kedai ini memiliki menu andalan yaitu Kopi Soe gula merah dengan rasa yang pekat, manis, dan nikmat.
  • Kopi Kenangan, kedai kopi ini memiliki naman yang unik untuk setiap menunya. Menu andalannya yaitu kopi Kenangan Mantan yang dijual dengan harga terjangkau.
  • Kopi Janji Jiwa, kedai kopi ini memiliki menu andalan yaitu es kopi susu dengan gula aren yang super banyak, rasa manis, dan tentunya pas untuk mengusir kantuk.
  • Kopi Kulo, memiliki sajian menu kopi gula aren yang berbeda dengan kedai kopi lainnya yaitu es kopi spekulo yang dipadukan dengan biskuit Lotus legendaries.
  • Kopi Bawah Tangga, kedai kopi ini menyajikan menu kopi gula aren dengan nama es kopi susu kampong. Perpaduan rasa antara kopi, susu, dan gula arennya sangat berbeda dan nikmat.

Apabila kamu ingin membuat sendiri kopi gula aren di rumah, kami akan memberikan resep kopi gula aren yang bisa kamu coba. Bahan dan alat yang diperlukan sederhana, cara pembuatan kopi gula aren ini pun mudah.

BACA JUGA : RESEP KOPI LUWAK

Cara Membuat Kopi Gula Aren

Alat dan bahan:

  1. Espresso (jika ingin lebih nendang bisa menggunakan double espresso)
  2. Gula aren yang telah dihaluskan sebanyak 2 sendok makan
  3. Gula pasir sebanyak 1 sendok makan
  4. Sejumput garam
  5. Air 100 mL
  6. Susu cair 150 mL
  7. Es batu
  8. Gelas saji
  9. Panci

Proses pembuatan resep kopi gula aren

Resep kopi gula aren paling nikmati

  • Masukkan gula aren yang telah dihaluskan, gula pasir, garam, dan air ke dalam panci lalu masak hingga semua bahan larut.
  • Buatlah espresso dan dibiarkan hingga menjadi agak dingin.
  • Bila larutan gula aren, gula pasir, dan garam sudah mendidih, matikan api lalu biarkan hingga suhunya turun.
  • Siapkan gelas saji dan tuangkan larutan gula aren yang sudah dibuat tadi secara merata ke dinding gelas.
  • Tambahkan es batu, susu cair, dan yang terakhir espresso.
  • Es kopi aren homemade sudah siap untuk disajikan.

Resep kopi gula aren ini memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan yang disajikan di kedai kopi kekinian. Agar memperoleh cita rasa yang maksimal, kamu bisa menggunakan fresh milk atau susu cair full cream. Susu kental manis tidak digunakan karena kopi gula aren menggunakan gula aren sebagai pemanis.

Nah itulah resep kopi gula aren yang bisa kamu coba di rumah. Kamu bisa mengkreasikan minuman kopi gula aren yang kamu buat dengan menambahkan toping di atasnya. Ini juga bisa menjadi peluang usaha kamu di rumah.

Karena selain rasanya yang nikmat, kopi gula aren terbukti membuat kita jadi ketagihan dalam mencicipinya terus menerus. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *